Rabu, 23 Oktober 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » » Tips cara mengatur dan mengelola keuangan pribadi

Tips cara mengatur dan mengelola keuangan pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi - Untuk anda yang belum memiliki penghasilan besar maka pengelolaan keuangan pribadi sangat perlu agar kondisi finansial anda mampu menopang kebutuhan sehari-hari serta dapat diandalkan saat dibutuhkan untuk kepentingan mendadak. Apalagi saat ini harga barang secara umum melambung seiring dengan naiknya BBM cenderung tidak diikuti oleh kenaikan gaji pekerja secara umum.


Berikut beberapa kiat kiat sederhana bagaimana mengelola keuangan pribadi supaya kondisi kas surplus namun semua kebutuhan terpenuhi.

Tips mengatur keuangan pribadi

Membuat pembukuan keuangan
Bagi Anda seorang pekerja, ada baiknya Anda membuat pembukuan mengenai besar jumlah pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Dengan menerapkan hal ini, maka Anda akan benar-benar memahami dan mengetahui apa saja kebutuhan yang harus diutamakan dan dikesampingkan. Sehingga besar pengeluaran Anda akan terkontrol dengan baik.

Hindari membeli kebutuhan sampingan
Apabila Anda menginginkan suatu barang yang hanya dipergunakan 1 atau dua kali saja, upayakan untuk tidak membelinya. Anda bisa hanya menyewanya dengan harga yang teolah ditentukan. Dengan menyewa, maka biaya yang akan Anda keluarkan akan lebih minim jika dibandingkan dengan harus membeli.

Menabung sejak dini
Salah cara mengelola keuangan yang Anda miliki yakni dengan membiasakan menabung sejak dini. Hal ini akan berguna saat Anda mengalami masalah keuangan. Untuk menabung, Anda bisa memanfaatkan layanan yang ada di Bank untuk menyimpan sebagian gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya.

Mencari asuransi
Umumnya, setiap orang tidak akan mengetahui kapan mereka membutuhkan uang dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencari asuransi yang bertujuan untuk menjaga keuangan Anda saat sedang mengalami masa krisis.

Menggunakan kredit card
Salah satu cara mengelola keuangan pribadi Anda adalah dengan menggunakan kartu kredit. Pada dasarnya, kartu ini tidak akan membuat seseorang menjadi boros. Hal ini tergantung pada masing-masing penggunanya. Untuk itu, biasakan diri Anda untuk menerapkan pola hidup yang hemat agar keuangan Anda bisa terkontrol dengan baik.


tips cara menghemat listrik secara efektif
tips cara menghemat uang secara efektif